Sabtu, 19 Juli 2014

Cara Membuat Game Undian

Cara Membuat Game Undian Dengan Game Maker

Game Undian Spin Wheel
Game Undian Spin Wheel

Pada kali ini kita akan belajar membuat game undian putar atau spin wheel. Anda tentu sering menjumpai undian - undian berhadiah pada kehidupan anda sehari - hari dengan hadiah yang bermacam - macam. undian ini juga anda dapat digunakan untuk game anda, contoh sebagai hadiahnya adalah XP, uang, senjata, armor, atau peralatan lainnya yang digunakan dalam game anda.

Sprites

Pertama siapkan sprites yang akan kita gunakan dalam game. anda dapat mengunduh gambarnya di sini : Sprites Undian

1. spr_spinner

Buat sebuah sprites dengan nama : spr_spinner

sprite spinner
sprite spinner

Kemudian Klik Load Sprite > Cari gambar spr_wheel , Selanjutnya ubah Orignya menjadi Center atau X : 250 dan Y : 250

2. spr_arrow

Buat sebuah sprites dengan nama : spr_arrow

sprite arrow
sprite arrow

Kemudian Klik Load Sprite > Cari gambar spr_arrow , Selanjutnya ubah Orignya menjadi X : 16 dan Y : 0

Object

Sekarang buatlah sebuah object dengan cara  klik Resources >  Create Object kemudian berinama : obj_spinner

object spinner
object spinner

Sekarang tambahkan event pada object tersebut.

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

  1. // kita melakukan definisi semua variabel  
  1. spr1 = spr_spinner  
  2. spr3 = spr_arrow  
  3.   
  4. d = 250 //diameter / titik tengah  
  5. spd = 0 //speed  
  6. arah = 1 //0 = searah jarum jam, 1 = tidak searah  
  7. prize = 0 //hadiah  
  8. pow = 0 //power  
  9.   
  10. start = 0 //belum mulai  
  11.   
  12. txt[1] = 'Anda Belum Beruntung'  
  13. txt[2] = 'Rp. 50.000'  
  14. txt[3] = 'Rp. 1.000.000'  
  15. txt[4] = 'Rp. 120.000'  
  16. txt[5] = '1 Unit Mobil'  
  17. txt[6] = 'Rp. 1.000'  
  18. txt[7] = 'Rp. 500.000'  
  19. txt[8] = 'Rias Highschool DXD'  

Klik Add Event > Alarm > Alarm0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

  1. start = 0  

Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

  1. if start = 1  
  2. {  
  3. if arah = 0 image_angle -= spd else image_angle += spd  
  4.   
  5. if image_angle >= 360 image_angle = 0  
  6. if image_angle <= -360 image_angle = 0  
  7. spd -= 0.01  
  8.   
  9.     if spd <= 0   
  10.     {  
  11.     spd = 0  
  12.     start = 0  
  13.     if arah = 0 image_angle *= -1  
  14.       
  15.     if floor(image_angle) >= 0+1 && floor(image_angle) <= 45 prize = 1  
  16.     if floor(image_angle) >= 45+1 && floor(image_angle) <= 90 prize = 2  
  17.     if floor(image_angle) >= 90+1 && floor(image_angle) <= 135 prize = 3  
  18.     if floor(image_angle) >= 135+1 && floor(image_angle) <= 180 prize = 4  
  19.     if floor(image_angle) >= 180+1 && floor(image_angle) <= 225 prize = 5  
  20.     if floor(image_angle) >= 225+1 && floor(image_angle) <= 270 prize = 6  
  21.     if floor(image_angle) >= 270+1 && floor(image_angle) <= 315 prize = 7  
  22.     if floor(image_angle) >= 315+1 && floor(image_angle) <= 360 prize = 8  
  23.       
  24.     show_message(txt[prize])  
  25.     image_angle = 0  
  26.     pow = 0  
  27.     }  
  28. }  
  29.   
  30. room_caption = 'Speed: '+string(spd)  
  31.   
  32. /*  
  33. NOTE:  
  34.   
  35. Karena ada 8 slot pada spin nya, maka 360 dibagi 8, hasilnya = 45  
  36. Jadi, setiap sudut 45 terdapat pergantian prize  
  37.   
  38. Untuk tidak ada kesalahan dalam engine, maka tambahan 1 derajat pada angka / sudut yg sama  

Klik Add Event > Keyboard > Space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

  1. pow += 0.1  

Klik Add Event > Draw > Draw > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

  1. draw_sprite_ext(spr1,0,d,d,1,1,image_angle,noone,1)  
  2. draw_sprite(spr3,0,d,0)  
  3.   
  4. draw_text(10,10,string(floor(image_angle)))  

Klik Add Event > Key Relase > Space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

  1. if start = 0   
  2. {  
  3. spd = floor(random_range(5,12))+pow  
  4. start = 1  
  5. //alarm[0] = choose(3,4,5)*choose(30,40,50,60,70,80,90)  
  6. }  

Room

Terakhir buatlah room dengan cara klik Resources > Create Room, dengan ukuran 500 x 500 berinama : room0 , Kemudan tambahkan obj_spinner.


room main
room main game

Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly. Kemudian untuk memutar wheel tekan Space pada keyboard.

*Notes Tutorial ini dibuat dan sudah di coba pada Game Maker Studio Full Version dan Game Maker 8.0 Full Version


1 komentar:

Postingan Populer