Categories: pembutan game
Dalam tutorial game maker kali ini anda akan mempelajari mengenai cara pembuatan game super mario bros. Seperti halnya pacman, game ini pun merupakan salah satu game klasik yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Game ini hampir ada di semua platform game : NES (Nintendo Entertainment System), GBA (Game Boy Advance), NDS(Nintendo Dual Screen), dll.
Langkah-langkah kerja:
1. Buka software game maker.Catatan: Saya asumsikan bahwa anda telah mengetahui mengenai dasar-dasar mengenai game maker.
2. Klik kanan folder sprite dan masukan atau buat sprites yang memuat gambar-gambar berikut ini yaitu: gambar mario sedang berdiri dan gambar mario sedang berlari.
Contoh:
untuk memudahkan anda mengikuti tutorial ini, anda disarankan untuk memberi nama sperite tersebut sebagai berikut:
- Mario berdiri menghadap ke kanan (spr_right_stand).
- Mario berdiri menghadap ke kiri (spr_left_stand).
- Mario berlari menghadap ke kanan (spr_right_run).
- Mario berdiri menghadap ke kiri (spr_left_run). Catatan: untuk ukuran pemotongan stripsnya adalah 20 X 26.
3. Setelah itu, pindah ke folder objects ---) kemudian klik kanan folder objects ---) pilih create sprite.
4. Beri nama objek tersebut dengan nama obj_mario.
5. Buatlah sebuah Event baru: klik Add Event ---) keyboard ---) left.
6. Buatlah sebuah execute code, kemudian masukan script dibawah ini:
//jika tombol panahh kiri keyboard ditekan
sprite_index=spr_left_run //ganti sprite menjadi spr_left_run
image_speed=0.5 //image speed 0.5
motion_set(180,5) //bergerak ke kiri sebesar 5 steps.
7. Buat sebuah Event baru yaitu : keyboard ---) right, kemudian masukan script di bawah ini:
sprite_index=spr_right_run
image_speed=0.5
motion_set(0,5)
8. Buat sebuah Event baru lagi yaitu: keyboard ---) no key, lalu masukan script di bawah ini://jika kita tidak menekan tombol keyboard manapun
if keyboard_lastkey=vk_left //jika tombol terakhir yang ditekan adalah kiri
{ //maka
sprite_index=spr_left_stand
motion_set(180,0)
}
if keyboard_lastkey=vk_right
{
sprite_index=spr_right_stand
motion_set(0,0)
}
9. Urusan mengenai objek telah selesai, sekarang pindah ke folder room.
10. Butlah sebuah room baru, kemudian tempatkan objek yang telah anda buat tadi dimana saja.
11. Sekarang coba jalankan game : run game ---) run in debug mode.
12. Tekan tombol panah kiri atau kanan untuk bergerak.
Selamat anda telah menyelesaikan bagaian pertama tutorial mengenai cara pembuatan game super mario bros. Bagi anda yang ingin mengetahui hasil dari tutorial ini anda bisa mendowload file yang berbentuk .gmknya disini: [Project game maker].
Cara membuat mario agar bisa melompat dalam game
Dalam tutorial game maker sebelumnya, kita telah berhasil memperbaiki bug yang ada dalam game. Namun, anda pasti bertanya-tanya mengapa pada tutorial sebelumnya antara tutorial dan hasil tutorial sedikit berbeda.Disinilah jawabannya. Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari mengenai cara menambahkan theme music tersebut, dan membuat agar mario bisa melompat dalam game tersebut.
Menambahkan music latar pada game.
1). Buka kembali project game sebelumnya [ memperbaiki bug dalam sebuah game ].
2). Karena hasilnya sudah ada, maka langkah-langkah ini bisa dijadikan sebagai referensi.
3). Download theme musicnya disini [ mario theme.zip ].
4). Klik kanan folder sounds ---) lalu pilih Create Sound ---) kemudian pilih load sound.
5). Beri nama sound tersebut dengan nama snd_sound.
6). Buat sebuah objek baru, beri nama objek tersebut dengan nama obj_setting.
7). Buat sebuah Event baru yaitu Create Event, lalu buat sebuah execute code kemudian masukan script di bawah ini
sound_loop(snd_theme) //mainkan music ini secara loop
8). Masukan objek_setting tersebut dalam room sesuai dengan kehendak anda.
9). Selesai.
Membuat karakter mario bisa melompat
1). Buatlah sebuah sprite baru yang akan digunakan untuk membuat ground platformernya, contoh :3). Untuk membuat sprite yang mewakili mario ketika sedang melompat Anda bisa menggunkan contoh sprites ini:
mario melompat ke arah kanan : spr_right_jump
mario melompat ke arah kiri : spr_left_jump.
4). Sekarang pindah ke folder sounds ---) lalu klik kanan folder sounds ---) kemudian masukan file suara ini, untuk membuat suara ketika sedang melompat [ download file mario jump.wave ].
5). Beri nama file suara tersebut dengan nama snd_jump.
6). Agar suara antara theme music dan sound_effect ini seimbang, Anda bisa mengatur tinggi rendahnya suara sesuai dengan kehendak Anda.
7). Sekarang pindah ke folder objects ---) klik kanan obj_mario.
8). Buatlah sebut Event baru yaitu Create Event, kemudian masukan script di bawah ini:
dir=0 //variable untuk menandai apakah mario sedang menghadap ke kiri atau kanan.
9). Buka kembali Execute code yang ada di Step Event, kemudian tambahkan script di bawah ini di bawah script yang sebelumnya:
//untuk pengaturan nilai variable “dir” ada di Event Keyboard left dan right.
if dir=0 //jika variable dir = 0 berarti mario sedang menghadap ke kanan
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5 //set gravitasi sebesar 0.5
sprite_index = spr_right_jump
}
}
if dir=180
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5
sprite_index = spr_left_jump
}
}
if keyboard_check_pressed(ord("A")) //jika tombol keyboard A ditekan
{
if(not(place_free(x,y+9)))
{
sound_play(snd_jump) //jalankan suara snd_jump
vspeed = -9 //Anda bisa mengatur tinggi lompatan dengan mengubah nilai ini
}
}
- Ikuti langkah-langkah kerja di bawah ini untuk melanjutkan pembahasan yang tadi sempat tertunda tersebut.
1). Saya asumsikan bahwa Anda masih belum menutup project game sebelumnya.
2). Buatlah sebuah objek baru [ klik kanan folder objects ---) pilih create objects ].
3). Beri nama objek baru tersebut dengan nama obj_land1 dan gunakan sprite spr_land1 sebagai sprite untuk objek ini.
4). Ceklis tombol solid, agar objek ini mempunyai attribute solid.
5). Sekarang kembali ke objek obj_mario [ klik kanan obj_mario ---) properties ].
6). Buat sebuah event baru yaitu Begin Step [ Add Event - Step Event - Begin Step ], lalu masukan script di bawah ini:
if(place_meeting(x,y,obj_land1)) //jika seandainya saya terjebak di objek solid
{
move_outside_solid(90,-1) // maka keluarkan saya dari sana
}
7). Sekarang buat lagi Event baru (wah banyak sekali…), yaitu Event Collision [ Add Event - Collision - objek yang dijadikan tumbukannya adalah obj_land1 ].
8). Kemudian masukan script di bawah ini:
// jika obj_mario bertumbukan dengan tanah
if dir=0{
sprite_index = spr_right_stand //ganti sprite menjadi spr_right_stand
gravity=0 //buat gravitasi = 0
vspeed=0
move_contact_solid(270,-1) //berjaga-jaga bila gravitasi tidak bisa menarik objek mario ini ini tepat ke tanah.
}
if dir=180
{
sprite_index = spr_left_stand
gravity=0
vspeed=0
move_contact_solid(270,-1)
}
9). Kemudian buka kembali Event Keyboard Left, dan tambahkan script dir= 180 pada baris ke tujuh sehingga hasil script menjadi seperti di bawah ini
//
if place_free(x-5,y+0){
x =x-5 //bergerak sebesar lima steps ke arah kiri
sprite_index=spr_left_run
image_speed=0.5
dir=180 //ubah variable dir menjadi 180 (artinya mario menghadap ke kiri)
exit
}
10). Lakukan hal yang sama pada Event Keyboard right, hanya saja untuk nilai dir menjadi sama dengan 0 (nol).
11). Semua masalah sudah beres, sekarang pindah ke folder room ---) room0.
12). Kemudian buatlah pijakan untuk mario bergerak dengan menggunakan obj_land1, untuk bahan referensi anda bisa mendownload hasil dari tutorial kali disini, gunakan tombol keyboard A untuk membuat mario melompat. : [ project game maker ].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar