Membuat Health Bar SAO Dengan Game Maker
Health Bar merupakan salah satu komponen yang penting dalam game, health bar berfungsi sebagai petunjuk nyawa atau darah player dalam game, yah yang sering main game pasti mengerti lah maslah heath bar ini. nah, kali ini kita akan belajar membuat sebuah heath bar untuk game yang anda buat dengan menggunakan game maker.
Kita akan membuat ini menjadi bergaya seperti di dalam anime Sword Art Online ( SAO ). Sao menceritakan tentang sebuah game virtual MMORPG yang membuat player dapat masuk ke dalam dunia game, wuih keren !!!. alan tetapi tanpa sebab yang jelas sang GM membuat player terjebak di dalam dunia game dan tidak bisa keluar kecuali mereka menyelesaikan game tesebut. nah, unutuk lebih jelasnya tonton saja animenya heheh.
Sprites
Pertama siapkan terlebih dahulu sprites yang akan kita gunakan nanti.
1. spr_sao
Buatlah sebuah sprites baru dengan nama : spr_sao dengan menggunakan gambar di atas.
Scripts
Sekarang buatlah sebuah scripts baru dengan cara klik Resources > Create Script.
1. script_draw
Buat sebuah script dengan nama : script_draw dengan isi script :
- draw_healthbar(view_xview+((92)*view_wview/600),view_yview+((20)*view_hview/480),view_xview+((353)*view_wview/640),view_yview+((38)*view_hview/480), hp/ hp_devide,hp_back,hp_front,hp_front,0,1,0);
- draw_sprite_ext(spr_sao,0,view_xview+(5)*view_wview/640,view_yview+(5)*view_hview/480,(view_wview/640)*1,(view_hview/480)*1,0,c_white,1);
- draw_text(243,40,hp);
- draw_text(280,40,max_hp);
1. script_variable
Buat sebuah script dengan nama : script_variable dengan isi script :
- hp=100
- max_hp=100
- hp_devide=max_hp/100
- hp_back=make_color_rgb(0,24,0)
- hp_front=make_color_rgb(0,244,0)
- e_back=make_color_rgb(64,0,0)
- e_front=make_color_rgb(255,0,0)
Font
Sekarang siapkan sebuah font, pertama anda harus mengunduh terlebih dahulu font SAO yang akan anda gunakan anda dapat mengunduhnya di sini : DeviantArt
Sekarang buatlah sebuah font baru klik Resources > Create Font, dengan nama : sao_font
Ubah pilihan fontnya menjadi : SAO UI dan ubah sizenya menjadi : 14
Objek
Sekarang kita buat objek dengan cara klik Resources > Create Object
1. obj_helath
Buat objek dengan nama : obj_healthSekarang tambah event pada objek tersebut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Script
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Script
Dengan properties :
Applies to : Self
Script : script_variable
Argument 0 - 4 : 0
Pada tab kanan pilih Draw > Set Font
Dengan properties :
Font : Sao_font
align : left
Pada tab kanan pilih Draw > Set Color
align : left
Pada tab kanan pilih Draw > Set Color
Dengan properties :
Color : ( Pilih warna putih )
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
- if keyboard_check(ord('S')){hp+=1}
- if keyboard_check(ord('A')){hp-=1}
- if hp > max_hp{hp=max_hp}
- if hp > max_hp/3 and hp < max_hp/2 {
- hp_front=make_color_rgb(255,208,0);
- }
- if hp < max_hp/4{
- hp_front=make_color_rgb(244,0,0);
- }
- if hp > max_hp/2{
- hp_front=make_color_rgb(0,244,0);
- }
- if hp < 0{hp=0}
Klik Add Event > Draw > Draw > Pada tab kanan pilih Control > Execute Script
Dengan properties :
Applies to : Self
Script : script_draw
Argument 0 - 4 : 0
2.obj_text
Klik Add Event > Draw > Draw > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Kemudian isi dengan script
- draw_text(x,y,"Tekan tombol S untuk menambah darah#Tekan tombol A untuk mengurangi darah #By: Jin Toples #Http://jintoples.blogspot.com")
Room
Sekarang buatlah sebuah room dengan nama : MainDengan ukuran room Width : 400 dan Height : 200
Letakan obj_health pada bagian atas dan obj_text pada baigan bawah.
Sekarang jalankan dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
*Notes Tutorial ini dibuat dan sudah di coba pada Game Maker Studio Full Version dan Game Maker 8.0 Full Version
Tidak ada komentar:
Posting Komentar