Kamis, 10 April 2014

sit up beresiko merusak syaraf tulang ekor

(c) vemale.com
Vemale.com - Siapa bilang six-pack hanya menjadi impian para pria saja? Ladies tentu akan sangat bahagia memiliki perut ramping dengan lekuk pinggang seksi bukan? Oleh karena itu, olahraga perut selalu jadi gerakan inti dan penting untuk setiap wanita.
Diantara banyak metode olahraga, sit-up menjadi gerakan yang paling umum dilakukan untuk mengecilkan perut. Hal itu karena motion terlentang dan menarik badan dianggap ampuh melatih otot – otot perut.
Namun, alih – alih memberikan manfaat sepenuhnya, situs macleans.ca menyebutkan bahwa gerakan sit-up sangat beresiko. Bagaimana tidak? Gerakan sit – up disebut dapat membahayakan kondisi tulang ekor serta tulang belakang seseorang.
Hal tersebut senada dengan yang diungkapkan seorang profesor asal University of Waterloo, Stuart McGill. Setelah melakukan penelitian tentang gerak tulang ekor dan tulang belakang saat melakukan sit – up, dia menyimpulkan bahwa gerakan mengangkat badan pada sit – up lama – lama dapat merusak susunan tulang belakang.
Ketika melakukan sit – up tulang belakang bergerak dalam motion mengkerut dan melebar, nah tekanan saat posisi mengkerut itulah yang membahayakan. Pasalnya, dengan begitu timbul kemungkinan syaraf vital pada tulang belakang untuk terjepit.
Penelitian yang dilakukan McGill ini telah banyak diakui oleh para peneliti sekaligus instruktur olahraga di seluruh dunia. Oleh karena itu ia menyarankan olahraga lain untuk melatih otot perut.
Nah, kalau Ladies bingung olahraga perut apa yang bisa dilakukan, simple kok. McGill mengungkapkan bahwa yoga dan pilates sama efektifnya dengan aktifitas nge-gym yang melatih perut. Sudah mudah, efektif pula. Tertarik Ladies?
Oleh : Marintan Widi Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer